
Setelah memahami konsepnya dengan jelas, Anda bisa mulai merancang cerita reflektifnya. Berikut contoh refleksi prinsip Understanding by Design pada pembelajaran yang bisa dijadikan referensi:
Berikut ini adalah contoh Cerita Reflektif UKPPPG Tahun 2024 Topik 1 Modul 1
Contoh Jawaban 1
Refleksi dari pembelajaran tentang prinsip Understanding by Design (UbD) menunjukkan betapa pentingnya merancang pembelajaran dengan tujuan yang jelas dan asesmen yang terarah. Saya belajar untuk memulai dari akhir, yakni menentukan apa yang ingin dicapai siswa di akhir pembelajaran sebelum merancang aktivitas dan materi yang diperlukan.UbD membantu saya menyusun rencana pembelajaran yang lebih sistematis dan berorientasi pada hasil. Namun, tantangan yang saya hadapi adalah memastikan bahwa semua siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan tidak ada yang tertinggal. Mengatasi hal ini membutuhkan pendekatan yang lebih personal dan diferensiasi dalam pengajaran.
Contoh Jawaban 2
Mempelajari prinsip Understanding by Design (UbD) sangat membuka mata saya sebagai guru tentang pentingnya perencanaan yang baik dalam pembelajaran. Saya menyadari bahwa menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas adalah langkah awal yang krusial. Dengan tujuan yang jelas, saya bisa merancang asesmen yang tepat dan kegiatan belajar yang mendukung pemahaman siswa terhadap gagasan utama materi.Pengalaman saya menerapkan UbD menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih memahami dan mengapresiasi materi yang dipelajari. Tantangan utama yang saya hadapi adalah keterbatasan waktu untuk merancang dan menyesuaikan desain pembelajaran yang ideal. Mengatasi tantangan ini membutuhkan komitmen untuk terus belajar dan beradaptasi dengan situasi di kelas.
Contoh Jawaban 3
Sebagai guru, pembelajaran mengenai prinsip Understanding by Design (UbD) telah memberikan saya wawasan baru dalam merancang proses belajar-mengajar yang lebih efektif. Saya belajar bahwa penting untuk menetapkan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum menentukan asesmen dan desain proses belajar.Dalam praktiknya, prinsip ini membantu saya untuk fokus pada gagasan-gagasan utama (big ideas) dari materi yang diajarkan sehingga siswa dapat menguasai materi dengan lebih baik. Namun, tantangan yang saya hadapi adalah menyesuaikan desain pembelajaran ini dengan beragam tingkat kemampuan siswa. Memastikan setiap siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sama dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka memerlukan perencanaan yang matang dan fleksibilitas dalam pelaksanaannya.
Post a Comment